Laman

Selasa, 29 Juni 2010

KePe PETS - 3

Menjawab PettyStupidia tentang Anjing Shihtzu dan Chow-chow...

Info KePePETS - ANJING SHIHTZU
Anjing Shihtzu


Jika anda menyisir anjing mu setiap harinya, hal ini hanya memerlukan beberapa menit. Selain ini, Shih Tzu juga membutuhkan perawatan dan pemeliharaan tambahan secara berkala. Agar perawatan setiap harinya akan lebih mudah, saya merekomedasikan agar anda menyesuaikan anjing anda pada beberapa sesi berikut dibawah, sejak mereka masih anakan.

Merawat Bulu

-Bulu Shih Tzu jauh lebih mudah untuk disisir apabila disemprotkan dengan air atau cairan khusus yang akan mengurangi kusut. Setalah bulu Shih Tzu anda lembabkan, anda dapat menyisirnya sampai bulu kering, lalu spray lagi apabila diperlukan. Penyisiran ringan setiap harinya dan perawaatan penuh dalam setiap minggunya akan mencegah kusut.


-Ketika menyisir, mulailah dari bagian dada, bagian bawah (perut) , dan bagian dalam kaki. Terlentangkan anjing anda, dan spray cairan khusus pada bulunya, dan sisirlah dengan bristle brush. Bagi bulu menjadi beberapa bagian dan sisirlah menurut bagian tersebut stu persatu. Setelah anda selesai menyisir pada bagian perut dan dada, guna slicker untuk merapikan bubu-bulu halus yang ada pada daerah kaki.


-Balik anjing anda pada sisi belakan (yang belum di sisir) agar anda dapat menyisir bagian siku paha dan badan. Spraykan lagi pada bulu-bulu dan sisirlah dari bagian paling dalam (mendekati kulit). Setelah semuanya selesai, biarkan anjing anda untuk membalikan badannya (terlentang). Spraykan dan bagi bulu menjadi beberapa bagian dari bagian dari ujung kepala sampai dengan ujung ekor. Sisirlah bulu-bulu panjang yang paling luar lalu sisir dengan comb, sampai halus (tanpa ada yang kusut/ menyangkut); lalu spray dan sisirlah sampai bagian ekor. Langkah terakhir adalah menyisir dan memastikan bulu di sekitar mata, muka, kumis, jengot sudah halus (tanpa kusut) menggunakan sisir bergigi rapat (khusus untuk muka dan kumis).

-Bagian rutin dalam merawat Shih Tzu, anda harus mencukur bulu yang berlebih, diantara jari-jari sependek mungkin. Ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi dan akan menambah daya tarik akan kerapihan anjing anda. Bila anda menemukan ada bulu yang sangat kusut, coba untu gunakan minyak khusus untuk bulu. Minyak ini dapat digunakan langsung pada bulu yang kusut agar lebih mudah di sisir.

-Bila perlu, anda dapat mengikat bulu di atas kepala Shih Tzu anda (dianatara mata). Sewatu anda telah selesai sesi mengrooming/ merapihkan, pujilah anjing anda dengan kata-kata pujian, bermain dan bermanja-manja ria dengan nya.

-Selalu perhatikan tanda-tanda adanya parasit pada saatanda mengrooming Shih Tzu kesayangan anda. Apabila anda dapati tanda-tanda adanya kutu, segera selesaikan masalah ini. Hubungi dokter hewan anda, apabila anda sesuatu yang janggal.


Merawat, Membersihkan Mata dan Telinga

-Dalam perawatan mingguan anjing anda, perhatikan kebersihan telinga Shih Tzu anda. Gunakan produk pembersih telingga yang tersedia di pasaran untuk membersihkan kotoran pada telinga. Untuk membersihkan telinga, buka telinga dengan satu tanggan anda dan bersihkan dengan menggunakan bola kapas yang direndam dalam cairan pembersih telinga. Gunakan bola kapas yang baru dalam membersihkan setiap telinga. Anda

dapat membersihkan bagian paling luar dari telinga dengan kapas biasa yang telah di rendam pada cairan pembersih telinga.

-Juga periksa mata Shih Tzu anda secara terature untuk memastikan bahwa mereka bebas dari kuman dan bakteri. Gunakan bola kapas lembab (yang direndam dalam air hangat) untuk membersihkan kotoran di sekitar mata anjing anda. Ingat, gunakan kapas yang baru untuk setiap mata. Apabila anda menemui adanya radang dan sakit mata, hubungi dokter hewan anda.

sumber Sucher, Jaime., 2000, Shih Tzu A Complete, Pet Owner's Manual, Barron's Educational Series, New York.

KePe PETS - Hewan Peliharaan Imut dan Keren
Salatiga - Jakarta
blue_whale_1992@yahoo.com
2156CB74
08156564747

1 komentar: