Laman

Selasa, 22 Juni 2010

Alumni Taruna Nusantara Perekat Bangsa

Alumni Taruna Nusantara Perekat Bangsa

Sabtu, 19 Juni 2010 | 13:16 WITA

MAGELANG, tribunkaltim.co.id - Para alumni SMA Taruna Nusantara di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengemban tugas penting sebagai perekat dan sekaligus pilar atas kukuhnya persatuan Bangsa Indonesia pada masa mendatang.
Kalian sebagai alumni SMA Taruna Nusantara (TN) akan menjadi perekat sekaligus pilar persatuan bangsa.
-- Purnomo Yusgiantoro

"Kalian sebagai alumni SMA Taruna Nusantara (TN) akan menjadi perekat sekaligus pilar persatuan bangsa," kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro.

Menhan mengatakan hal itu dalam sambutan tertulis saat Penutupan Pendidikan dan Prasetya Alumni Angkatan XVIII SMA Taruna Nusantara yang dibacakan Direktur Jenderal Potensi Pertahanan Kemhan, Budi Susilo Supandji, di Magelang, Sabtu.

Mereka, katanya, bersama-sama dengan komponen kekuatan bangsa yang lain membangun Indonesia untuk mencapai masyarakat madani yang maju, adil, makmur, aman, damai, dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Ia mengatakan, para alumni akan mulai terjun ke dunia yang lebih luas dan berbeda dengan situasi kehidupan di asrama.

Mereka, katanya, harus secara pandai membawakan diri dengan memegang teguh jati diri sebagai lulusan sekolah unggulan yang menekankan kepada penanaman berbagai nilai pendidikan nasionalisme dan patriotisme itu.

"Jangan mudah terombang-ambing oleh keadaan yang dapat menjerumuskan kalian. Dunia dan lingkungan strategis akan selalu bergerak dan berubah. Harus kalian ingat baik-baik bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini kecuali perubahan itu sendiri," katanya.

Ia menyatakan, sukses para alumni di dunia kerja dan profesi harus selalu berlandaskan kepada jiwa kebangsaan, nasionalisme, dan patriotisme yang kukuh. Keberadaan Bangsa Indonesia yang majemuk, katanya, terbukti rentan terjadinya desintegrasi.

Ia mengatakan, generasi muda Indonesia yang bersatu merupakan modal terbesar untuk membangun bangsa dan negara menuju kemajuan pada masa mendatang.

Sebanyak 295 lulusan SMA TN 2010 menjalani wisuda. Mereka terdiri atas Program Ilmu Pengetahuan Alam 236 lulusan dan Ilmu Pengetahuan Sosial 59 lulusan.

Bintang Garuda Tri Sakti Taruna Tama yang merupakan penghargaan kepada lulusan berprestasi terbaik untuk kebulatan aspek akademik, kepribadian, dan kesamaptaan jasmani diraih oleh Guinandra Luthfan Jatikusumo (medali emas), Kristanto Irawan Putra (perak), dan Tegar Aji Widhiwardhana (perunggu).

Penghargaan Kartika Cendekia yang merupakan lulusan terbaik untuk aspek akademik berdasarkan pencapaian nilai tertinggi ujian nasional dan ujian sekolah diraih oleh Agung Hartoko (Program IPA) dan Yoga Aprianto Aldila (IPS).(ANT)

Diambil dari http://www.tribunkaltim.co.id/read/artikel/60029

Tidak ada komentar:

Posting Komentar