Laman

Selasa, 21 Desember 2010

Jerman, bagaikan Surga bagi orang Indonesia

Tahukah kamu, mengapa begitu?

Flohmarkt
Flohmarkt artinya pasar loak. Penjual dalam pasar loak ini bukan orang itu-itu saja (yang berprofesi sebagai penjual), tetapi siapapun yang ingin menjual barangnya boleh ikut berpartisipasi. Pasar loak ini tidak permanen, tetapi diadakan secara berkala di tempat-tempat tertentu, yang memang cukup luas untuk penyelenggaraan pasar loak ini. Murah meriah.

eBay
eBay tidak hanya ada di Jerman, merupakan sebuah situs yang didesain untuk jual beli barang. http://ebay.de/. Barang yang ditawarkan bisa dalam 2 bentuk, "lelang" dan "beli segera". Hobiku adalah berburu barang-barang lelang di eBay. Aku pernah memenangkan lelang Jaket ESPRIT, Headband JACK WOLFSKIN, Sepatu Boots, dan 2 Sepeda di sini, dengan harga hanya berkisar 1-2 Euro saja (1 Euro = Rp 12.000,00) ! Bagaimana kondisi barangnya? Asal barang itu dideskripsikan masih bagus oleh Penjual, kita boleh percaya sampai 90% (rata-rata orang Jerman memang baik, tidak akan merugikan orang lain).

Sperrmüll
Sperrmüll artinya semacam pembuangan barang-barang bekas yang dianggap sudah tidak terpakai, entah karena sedikit rusak atau karena memenuhi ruangan. Sekali lagi, rata-rata orang Jerman itu baik, secara berkala mereka mau mengadakan kegiatan ini. Barangkali pemikirannya adalah, daripada barang-barang itu tidak saya pakai, lebih baik saya buang ke luar rumah, siapa tahu ada yang lebih membutuhkan.
Ini legal, bukan suatu bentuk pencurian, maupun menggambarkan bahwa Pengambil Sperrmüll adalah orang jalanan. Buktinya, banyak orang berbondong-bondong datang untuk mengutak-atik tumpukan barang buangan ini, walaupun itu masih siang hari!
Aku termasuk orang yang hobi mencari barang-barang seperti ini. Aku pernah mendapatkan cermin, papan tulis, bantal, raket, kursi, sofa, kasur, lemari, hingga televisi bersama remote-nya! Semuanya itu pun masih berfungsi dengan baik..!

Semuanya itu bagaikan Surga bagi orang Indonesia, apalagi bagi aku yang berstatuskan mahasiswa, yang identik dengan hidup miskin dan pelit. Jerman, oh indahnya...

1 komentar:

  1. wah sangat menarik kris!!
    kris, kenapa cuma jual HP aja??
    aku butuh mp4 multifungsi ato harddisk eksternal, tapi biaya murah, hahaha

    BalasHapus