Laman

Kamis, 09 Maret 2023

Disiplin Pribadi Mendorong Tumbuh Kembangnya Kreativitas

Demikian kiranya kalimat yang tertulis pada Prasasti Ki Suratman yang berada di Kampus SMA Taruna Nusantara Magelang.

Dilihat dari sudut pandang etimologi, kata 'disiplin' tentunya tidak terasosiasi erat dengan kata 'kreativitas'. Keduanya bahkan cenderung bertolak belakang, mengingat kata 'disiplin' mengandung arti menjalankan hal yang sama secara kontinyu, sebaliknya, kata 'kreativitas' terasosiasi dengan kata 'inovasi' - baru/ hal lain yang berbeda dari yang sudah pernah ada.

Namun demikian, saya menerjemahkan kalimat tersebut mengandung arti, "Bisa itu karena biasa. Jika kamu berdisiplin, kamu akan berkemampuan, sehingga dapat lebih cepat mengerjakan suatu hal yang bersifat rutin. Selanjutnya, akhirnya kamu akan mempunyai waktu lebih yang kamu idam-idamkan untuk memikirkan dan mengerjakan hal yang lain - sesuai kreativitasmu".

Terjemahan di atas bisa jadi keliru, karena saya pribadi belum pernah bertanya langsung pada Ki Suratman, maupun melakukan studi terkait hal tersebut. Akan tetapi, menganut paham Post-Modernisme - di mana semua kebenaran adalah relatif - secara mantap dan meyakinkan saya yakin dengan kebenaran hal tersebut, karena rasa-rasanya cukup sesuai dengan konteks kehidupan yang saya jalani ini.

Saya perlu lebih disiplin dalam menulis. Selain karena menurut Pramoedya Ananta Toer menulis adalah bekerja untuk keabadian, menulis ternyata adalah sebuah cara agar dunia mengenal kita.


KP, 8 Maret 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar