Laman

Sabtu, 22 Mei 2010

Belajar Bahasa Jerman - 6

Sechste – am Samstag, fűnfzehnten Mai zweitausendzehn
(Keenam – pada hari Sabtu, 15 Mei 2010)
Personalpronomen – 3
Akkusativ (Sebagai Objek Penderita)
 ich -> mich (identik dengan I -> me)
 du -> dich (identik dengan You -> you)
 er -> ihn (identik dengan He -> him) ein -> einen
 sie -> sie eine -> eine
 es -> es ein -> ein
 wir -> uns
 Sie/sie -> Sie/sie
 ihr -> euch
Contoh:
1. Ich liebe dich. (Saya cinta kamu)
2. Ich bringe einen Kugelschreiber (Saya membawa sebuah bolpoin)

Essen und Trinken
s, Obst = buah r, Käse = keju e, Wurst = sosis
r, Salat = salat e, Milch = susu s, Geműse = sayur
r, Reis = nasi r, Fisch = ikan s, Bier = bir
s, Glas = gelas (sloki) r, Wein = anggur s, Wasser = air
e, Butter = mentega s, Fleisch = daging s, Ei = telur
r, Kuchen = kue r, Lőffel = sendok s, Brot = roti
e, Gabel = garpu r, Teller = piring s, Messer = pisau
e, Marmelade = selai r, Tee = teh r, Kaffee = kopi
e, Cola = Coca-cola r, Hamburger = hamburger s, Hähnchen = ayam
e, Suppe = sup e, Pizza = pizza s, Kotelett = iga
e, Karotte = wortel e, Flasche = botol e, Dose = kaleng
e, Tasse = cangkir s, Ei = telur

Konjugasi Kata Kerja untuk Essen Trinken
 Ich esse trinke
 du ißt trinkst
 er, sie, es ißt trinkt
 wir, Sie, sie essen trinken
 ihr esst trinkt
Contoh
1. Lionel Messi ißt einen Hamburger und trinkt eine Flasche Cola.
(Lionel Messi memakan sebuah hamburger dan meminum sebotol Coca-cola)
2. Eine Zwiebelsuppe und eine Tasse Kaffee, bitte.
(Sebuah sup bawang dan sebuah cangkir kopi, tolong)

1 komentar: