Laman

Senin, 17 September 2012

Tips: Tiket Kereta Murah ke Heidelberg buat Mahasiswa Karlsruhe

Salam jalan-jalan..!

Kali ini aku mau berbagi informasi mengenai tiket kereta murah ke Heidelberg buat mahasiswa Karlsruhe.
Dulu selama 1 tahun aku memang pernah tinggal di Karlsruhe, sehingga aku tahu benar bagaimana cara pergi ke Heidelberg dengan biaya yang seminim mungkin.

Jadi begini,
Mungkin para pembaca sudah tahu, bahwa Heidelberg berada di kawasan Verkehrsverbund Rhein-Neckar (VRN), yang tepat berbatasan dengan kawasan Karlsruher Verkehrsverbund (KVV) di sebelah utara.
Apabila kalian mempunyai Semesterticket KVV, hal ini berarti kalian hanya perlu membeli tiket kereta dari daerah perbatasan kawasan KVV sampai ke Heidelberg bukan?

Daerah perbatasan KVV-VRN ini terletak di suatu tempat yang bernama Bad Schönborn Kronau/ Süd. Dari sini, kalian cukup membeli tiket VRN 4 Waben untuk bisa sampai ke Heidelberg.

Sampai sini pasti ada pemikiran, bahwa kalian harus turun dari kereta untuk membeli tiket ini di mesin Automat Bad Schönborn, baru kemudian mengambil kereta yang berikutnya untuk melanjutkan perjalanan ke Heidelberg. Hal ini sebenarnya tidak perlu dilakukan, karena kereta yang dikeluarkan oleh Deutsche Bahn untuk menghubungkan Karlsruhe-Heidelberg ini adalah S-Bahn (S3), di mana di setiap gerbongnya terdapat mesin Automat untuk membeli tiket VRN ini.

Caranya?
Cari mesin Automat yang terletak di bagian depan gerbong. Di situ akan ada pertanyaan: "Geben Sie bitte Ihren Einstiegsbahnhof ein". Sekalipun kalian naik dari kereta dari Karlsruhe Hbf, masukkan di sini "Bad Schönborn" (karena kalian sudah mempunyai tiket dari Karlsruhe ke Bad Schönborn bukan?)
Setelah itu akan muncul pertanyaan tentang Zielbahnhof. Masukkan di sini Heidelberg Hbf.
Taraaa..! Akan muncul tulisan bahwa kalian membutuhkan tiket VRN 4 Waben untuk menuju ke Heidelberg Hbf.

Sekedar untuk pembanding, harga tiket kereta Karlsruhe-Heidelberg menurut bahn.de saat tulisan ini ditulis adalah 11,10 €, sedangkan dengan menggunakan cara ini kalian hanya perlu membayar 4,90 € (kasus Einzelfahrt).

Kalau bisa murah, kenapa harus pilih yang mahal? :D
Selamat mencoba dan selamat jalan-jalan ke salah satu kota yang wajib dikunjungi di Jerman: Heidelberg..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar