Laman

Jumat, 06 Mei 2011

Hentikan Celaan terhadap "komisi8@yahoo.com"!

Baru-baru ini Indonesia diributkan oleh berita Kunjungan Komisi 8 DPR RI ke Australia dalam rangka Studi Banding. Dalam kunjungannya ini, Komisi 8 sempat singgah di KJRI Melbourne dan bertatap muka dengan Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA).

Hal yang paling menarik dari Tatap Muka ini adalah digemborkannya alamat email "komisi8@yahoo.com" sebagai alamat email resmi dari Komisi 8 DPR oleh salah seorang anggota komisi tersebut. Tentu, sebagai sebuah lembaga sekelas DPR, masih digunakannya domain yahoo sebagai alamat email resmi adalah sebuah hal yang patut ditertawakan. Belum lagi, alamat email yang bersangkutan ternyata memang tidak pernah ada (sampai dengan berita itu dipaparkan oleh PPIA).

Dari sinilah terlihat ketidakprofesionalan para anggota DPR. Dari sudut pandang saya, para anggota DPR ini mungkin sudah mempunyai alamat email resmi, tetapi belum digunakan secara efektif. Pada saat mereka ditanya, mereka panik (tak terbiasa menggunakan sehingga tak tahu) dan akhirnya mencoba menjawab "komisi8@yahoo.com", yang pada akhirnya justru mempermalukan mereka sendiri.

Saya setuju, bahwa DPR perlu mengadakan pembenahan atas hal ini. Di era teknologi dan informasi ini, Internet memegang peranan penting dalam komunikasi dan saya rasa tepat, apabila aspirasi dari rakyat bisa disalurkan melalui email ke para wakil rakyat ini.

Akan tetapi, saya tidak setuju apabila berita ini diekspos besar-besaran melalui berbagai media yang ada. Sebut saja media youtube, yang bisa diakses oleh seluruh orang di dunia. Malu rasanya menjelek-jelekkan lembaga negara sendiri di hadapan seluruh dunia, bukan?

Mencela pihak lain tidak akan pernah ada habis-habisnya. Seperti kata pepatah, "gajah di pelupuk mata tak tampak, tetapi kuman di seberang lautan tampak". Perubahan besar hanya akan terjadi apabila masing-masing orang melakukan perubahan-perubahan kecil, yakni perubahan terhadap dirinya sendiri. Daripada sibuk mencela pihak lain, lebih baik kita ubah diri kita sendiri menjadi lebih baik daripada hari kemarin...


Hidup Indonesia, Jayalah Indonesia..!!!
- Untuk Indonesia yang lebih baik -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini